Kamis, 08 November 2012

Mobil Super McLaren

Paris - Setelah bertahun-tahun ramai dibicarakan, penerus mobil legendaris McLaren F1 akhirnya diperlihatkan secara resmi. Mobil yang dinamakan McLaren P1 ini baru saja melakukan debut dunia di Paris.

Kemunculan mobil ini seolah bumbu penggoda dan ini adalah kemunculan pertama dan terakhir McLaren secara resmi sebelum diluncurkan di awal 2013 mendatang.

Mobil ini diperlihatkan Paris Motor Show yang saat ini tengah digelar. Di pameran mobil yang memiliki nama asli Mondial de l'Automobile McLaren menjelaskan kalau ini adalah preview dari supercar penerus McLaren F1 yang menurut rencana akan mereka lahirkan dalam beberapa bulan mendatang.

"McLaren P1 akan menjadi hasil dari sejarah 50 tahun di trek dan di jalanan," kata Executive Chairman McLaren Ron Dennis.

"Dua puluh tahun yang lalu kami batas kinerja supercar dengan McLaren F1 dan tujuan kami dengan McLaren P1 adalah untuk mendefinisikannya sekali lagi," tambahnya.

"Tujuan kami tidak selalu menjadi yang tercepat dalam urusan topspeed tapi menjadi mobil jalanan seri produksi tercepat dan paling menguntungkan di sirkuit. Ini adalah ujian sejati dari semua kemampuan supercar dan pernyataan teknis yang lebih penting. Tujuan kami adalah untuk membuat McLaren P1 menjadi paling menarik, paling mampu, paling berteknologi maju dan paling dinamis yang pernah dicapaisupercar yang pernah dibuat," jelas Automotive Managing Director McLaren Antony Sheriff.

Desainnya terlihat sangat seksi, namun tetap secara terus menerus memperhitungkan sisi teknis seperti aerodinamika dan downforce yang membuatnya menjadi mobil jalanan berkemampuan mobil balap. Mobil ini juga memiliki fungsi DRS (drag reduction system) seperti layaknya mobil balap.

Namun sayang, McLaren belum mau membocorkan mesin apa yang akan menjadi jantungnya. Hanya saja Chief Design Engineer McLaren Dan Parry-Williams mengatakan kalau mobil yang tubuhnya akan dibuat dari bahan serat karbon yang ringan tapi kuat ini akan menjadi sebuah mobil eksotis yang akan memiliki tenaga besar tapi tetap mudah dikendalikan dan tidak liar.

"Downforce menakjubkan benar-benar membuat mengemudi lebih mudah serta lebih cepat. Ketika Anda pergi lebih cepat, Anda benar-benar merasa lebih memegang kendali. Setiap panel tubuh, asupan udara, dan knalpot dirancang untuk membimbing di udara dari tempat yang paling efisien dan memaksimalkan pendinginan," lugas Head of Vehicle Technology McLaren Automotive, Simon Lacey.

Rumor berkembang kalau mesin yang akan digunakan adalah mesin V8 berkapasitas 3.800 cc yang mampu membawa mobil ini berakselerasi dari diam sampai 100 km/jam hanya dalam waktu 2,5 detik saja.

0 komentar:

Posting Komentar